Selasa, 31 Januari 2012


Buat Guru B. Inggris..boleh nih contoh RPP ...Mo Ngedit Monggo copy dah...

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran        : B. Inggris
Kelas/Semester      : XII/2
Alokasi Waktu         : 146 x 45 menit

Standar Kompetensi :  Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate

Kompetensi Dasar :
Ø  Memahami dokumen-dokumen teknis
Ø  Menulis surat bisnis dan laporan sederhana

Indikator :
      • Pertanyaan yang terkait dengan isi Standard Operating Procedure (SOP) dijawab dengan benar.
      • Standard Operating Procedure (SOP) di tempat kerja diceritakan kembali dengan kata-kata sendiri dengan benar.
      • Surat-surat bisnis (tawaran, pesanan, enquiry dll) dibuat secara sederhana.
      • Surat-surat bisnis (tawaran, pesanan, enquiry dll) dibalas secara tertulis dengan benar.
      • Iklan lowongan pekerjaan direspon dengan membuat surat lamaran dengan benar.
      • Laporan prakerin disajikan dalam bentuk laporan tertulis.

  1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
o   Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate

  1. Materi Pokok
·   SOP from a specific workplace (receptionist, waiter, etc.)
·   Relevant vocabulary
·   Antonym/synonym
·   Affixes: prefixes, suffixes
·   Samples of business letters
·   Parts of a letter:
- The letter head
- Date
- Inside address
- Opening salutation
- The body
-  Closing salutation
- Signature
·   Samples of advertisement on job vacancy
·   Samples of letters of application



  1. Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
  2. Langkah-langkah Kegiatan

    • Kegiatan Awal 
§  Siswa menganalisa ungkapan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
·         Kegiatan Inti
·   Vocabulary game
·   Understanding and discussing about Standard Operating Procedures (SOP)
·   Questions and answers
·   Retelling the content of Standard Operating Procedures (SOP).
·   Synonym – antonym
·   Affixes: prefixes and suffixes
·   Understanding and discussing about parts of business letters.
·   Understanding and discussing the content of samples of business letters.
·   Understanding and discussing about advertisements on job vacancies.
·   Writing:
−          Composing the reply of business letters.
−          Composing application letters to respond the above mentioned  advertisements
−          Composing report of Job Training (prakerin).

·         Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview dan menganalisa ungkapan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.

  1. Sumber/Bahan/Alat
·         30 Days to the TOEIC Test
·         Vocabulary Book
·         Elementary Communication Games
·         English for Hotel
·         Journey II
·         Grammar in Use
·         Grammar Dimension (Platinum Edition)
·         American Business English
·         Laporan prakerin
·         Tips in Giving Presentations
·         How to Give a Good Presentation
·         Various manuals
·         Global Access to the World of Work
·         English for Secretaries
·         English Business Letters

  1. Penilaian
·           Tes lisan
−   Dialog berpasang-an
·           Tes tertulis
−  Melengkapi kalimat
−  Pilihan Ganda
−  Membuat paragraf pendek

Mengetahui                                                                …………………,…….
Kepala Sekolah                                                        Guru Mata Pelajaran



______________                                                       __________________
NIP.                                                                               NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar